Tugas TOU 2


  1. Pada realita dalam suatu organisasi, pembagian kerja masih berlaku, jelaskan !
  2. Contohkan dengan kasus sederhana mengenai standarisasi dapat mendorong koordinasi ?
  3. Jika terdapat bentuk organisasi  seperti di bawah ini :

                                                                                  


a.   Berapa  arus hubungan komunikasi ?
b.   Lengkapi gambar tersebut dengan garis arus hubungan komunikasi !
  1. Jelaskan arti dari komunikasi adalah proses penyampaian keterangan ?
  2. Organisasi menggunakan formalisasi akan memperoleh keuntungan-keuntungan, sebutkan keuntungan – ketuntungan tersebut dan berikan contoh ?

Jawaban
  1. Pembagian kerja pada umumnya dilakukan untuk mengurangi beban pekerjaan seseorang di dalam organisasi. Dalam pembagian kerja biasanya di bentuk dalam suatu divisi dan kemudian membentuk anggota-anggota divisi yang lain dan membagi pekerjaannya masing masing agar lebih cepat dan efektif. Misalnya dalam suatu acara musik pasti akan dibagi-bagi pekerjaannya menurut pembagian ketua yang sudah ditentukan dan ketua akan dibantu oleh anggota-anggota nya demi menyelesaikan pekerjaan yang maksimal.
  2. Membuat kesepakatan yang dibuat diawal pembentukan organisasi dapat mempermudah berkoordinasinya antara anggota dan ketua. Kita dapat melihat dalam hal ketua kelas dengan anggota kelasnya saling terbuka sehingga ketua kelas dengan mudah menjalin komunikasi dengan anggota kelasnya dan mempermudah berkoordinasi dengan anggotanya.



 Pada gambar di atas memiliki arus hubungan komunikasinya adalah 1

  1. Proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain dikatakan sebuah komunikasi. Pada umumnya komunikasi dilakukan secara lisan dan tertulis dan menggunakan bahasa yang di mengerti oleh kedua belah pihak. Jika salah satu pihak tidak mengerti bahasa yang di gunakan maka tidak akan terjalin komunikasi. Komunikasi akan sangat berguna jika cara penyampainya singkat dan jelas.
  2. Formalisasi menunjukkan tingginya standardisasi atau pembakuan tugas-tugas maupun jabatan dalam suatu organisasi. Semakin tinggi derajat formalisasi maka semakin teratur perilaku bawahan dalam suatu organisasi.
Formalisasi bisa dicapai melalui pengaturan yang bersifat on the job dimana organisasi akan menggunakan lebih banyak peraturan maupun prosedur untuk mengatur kegiatan karyawan. Akan tetapi, formalisasi juga bisa dicapai apabila latihan maupun pendidikan dilakukan di luar organisasi (off the job), yaitu sebelum seseorang menjadi anggota organisasi.

Keuntungan dari penerapan formalisasi :

1.      konsistensi dan keseragaman, yaitu untuk mencapai output-output yang idak berubah-ubahkualitasnya.
2.      Meningkatkan koordinasi.
Contoh : Untuk tugas yang membutuhkan koordinasi tiggi di antara anggota organisasi.
3.      Penghematan biaya secara ekonomis.
Contoh : Buku-buku manual pekerjaan diberbagai perusahan besar biasanya dibuat untuk menghemat biaya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CV (Curriculum Vitae)

SURAT - MENYURAT

KEMAMPUAN ADAPTASI